PERESMIN GEDUNG PELAYANAN PUBLIK KAB.SIDOARJO

Mal Pelayanan Publik Sidoarjo Diresmikan Menpan RB

Bagian Hukum Setda Kab. Sidoarjo .Pada Tanggal 29 Jabuari 2019  Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sidoarjo yang berada di Gedung Sidoarjo Community Center (SCC) diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, Selasa (29/01/2019).
Mal Pelayanan Publik ini berada di Gedung daerah Lingkar Timur Jalan Veteran Sidoarjo. Hal ini merupakan impian dari masyarakat Sidoarjo untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, dan murah. Bupati Sidoarjo dalam sambutannya mengatakan, Mal Pelayanan Publik itu saat ini ditempati 24 Instansi yang tergabung didalamnya dengan 168 jenis layanan ini sifatnya sementara. Hal ini sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri PAN RB No. 11 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Percontohan Mal Pelayanan Publik. Namun demikian, untuk mewujudkan Mal Pelayanan ini merupakan perjuangan yang panjang. Kementerian PAN RB memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mewujudkan MPP.  Pihak Pemkab Sidoarjo menyambut baik dengan menandatangani komitmen Mal Pelayanan Publik pada tanggal 7 Februari 2018 bertempat di Kantor Kemenpan RB. Selanjutnya, pemkab Sidoarjo mengadakan forum konsultasi publik pada tanggal 29 Maret 2018 yang dihadiri oleh Deputi Pelayanan Publik, untuk merumuskan kebijakan – kebijakan pembangunan MPP. Dengan mengundang seluruh stakeholder yang  terlibat dan memanfaatkan pelayanan pada MPP ini. Hingga sampai pada tanggal 10 Januari 2019, dilaksanakanlah softlaunching MPP Kabupaten Sidoarjo ini.
MPP ini menempati area seluas 1.500 metet dan difasilitasi area parkir seluas 1 Ha. Jaringan internet nir Kabel juga tersedia. Sejumlah peserta di MPP turut hadir di masing-masing stannya diantaranya Dinas Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo, Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo, Dispenduk Capil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kemenag Sidoarjo, Kantor Imigrasi Surabaya dan lain Sebagainya. Pada kesempatan ini pula Bupati Sidoarjo memberikan penghargaan kepada 5 unit kerja terbaik, diantaranya; RSUD Sidoarjo, Kecamatan Sukodono, Puskesmas Jabon, Puskesmas Krian, dan SMPN 4 Sidoarjo. Menteri PAN RB untuk peresmian MPP Kabupaten Sidoarjo ini memberikan apresiasi yang tinggi karena ini salah satu upaya untuk menjawab tuntutan  jaman.  MPP ini merupakan proses kolaborasi yang menjembatani kebijakan publik yang memadukan layanan pemerintah pusat, daerah, swasta dalam satu tempat. Tidak menutup kemungkinan MPP ini akan cepat penuh, tidak akan bisa memenuhi antusiame masyarakat. enam bulan kedepan begitu masyarakat antusias bukan hanya masyarakat Sidoarjo yang akan kesini, masyarakat di luar Sidoarjo akan berbondong – bondong kesini untuk bisa mengakses layanan publik. “Pemerintah Kabupaten Sidoarjo perlu mempersiapkan tempat yang lebih luas lagi Untuk MPP ini, dan pemerintah pusat akan mendukung,” Ucap MenPAN RB. Sebelum melakukan peninjauan ke stand pelayanan publik Menteri PAN RB menandatangani prasasti peresmian MPP Kabupaten Sidoarjo.


  • 2019-03-06 02:10:53
  • By Basuki